Berikut beberapa jenis kecelakaan yang dapat menyebabkan kematian
- Perpotongan Jalur Berbahaya (Junction Jeopardy)
- Kesalahan :
Pengendara motor berjalan di belakang sebuah mobil, ketika mobil tsb
belok kiri, motor melaju bermanuver melewati mobil tsb di sisi kanan,
ternyata dari arah kiri ada mobil lain yg melaju baik lurus maupun
belok kanan/kiri dan kecelakaan terjadi
belok kiri, motor melaju bermanuver melewati mobil tsb di sisi kanan,
ternyata dari arah kiri ada mobil lain yg melaju baik lurus maupun
belok kanan/kiri dan kecelakaan terjadi
2. Cara menghindari kesalahan :
Perpotongan jalan terlihat jelas bersih dan aman tak ada kendaraan lain.
- masuki tiap perpotongan jalur dgn sebanyak mungkin penglihatan dan
informasi, perhatikan posisi kendaraan dan lampu2 sein, tapi jangan
menyimpulkan apa2. Nantikan yg tidak dinanti nanti.
- tanyakan pada diri sendiri “sudahkah saya terlihat?”, pastikan anda
di garis lihat pengendara mobil, kalau perlu terjadi kontak mata,
bila ragu2 siapkan yg terburuk.
- masuki tiap perpotongan jalur dgn sebanyak mungkin penglihatan dan
informasi, perhatikan posisi kendaraan dan lampu2 sein, tapi jangan
menyimpulkan apa2. Nantikan yg tidak dinanti nanti.
- tanyakan pada diri sendiri “sudahkah saya terlihat?”, pastikan anda
di garis lihat pengendara mobil, kalau perlu terjadi kontak mata,
bila ragu2 siapkan yg terburuk.
Tewas di tikungan dapat dihindari sebenarnya, berkendaralah dengan keterbatasan anda.
Status membuktikan bahwa pengendara motor tak berpengalaman atau yg
sudah lama tak bawa motor adalah yg terbanyak mendapatkan kecelakaan
ini, yg mengejutkan adalah terjadi meski jalan tidak basah.
Status membuktikan bahwa pengendara motor tak berpengalaman atau yg
sudah lama tak bawa motor adalah yg terbanyak mendapatkan kecelakaan
ini, yg mengejutkan adalah terjadi meski jalan tidak basah.
- Kesalahan :
prediksi radius tikungan dan tak sempat melihat keadaan di ujung
tikungan lalu berada di garis tikung yg tdk tepat hingga terlalu
dekat dgn jalur arah lawan dan gagal menikung dgn benar hingga panik
(ada yg menurunkan gas dan mengerem) hingga ketika keluar tikungan
motor malah lari jauh ke arah lawan hingga bertabrakan dgn kendaraan
dari depannya.
2. Cara menghindari kesalahan :
- rem dan atur posisi gigi segera, atur kecepatan hingga bisa merubah
jalur menikung bila diperlukan, perhatikan keadaan tikungan bila ada
tanda2 marka jalan kemana arah tikungan tsb.
- masuki garis tikungan dgn penglihatan terbaik utk melewatinya -
bukan garis tikungan balapan, dgn menyisakan ruang antara anda dan
kendaraan dari arah lawan.
- jika tiba2 tikungan menyempit (baik keadaan jalan maupun ada
kendaraan lain), jangan panik, karena panik bisa membuat motor hilang
kendali.
Tabrakan ketika mendahului adalah
kasus paling banyak ke tiga dlm
kecelakan motor, meskipun si pengendara motor biasa dan bisa
mendahului kendaraan yg melaju lebih lambat.
kecelakan motor, meskipun si pengendara motor biasa dan bisa
mendahului kendaraan yg melaju lebih lambat.
- Kesalahan :
hingga banting setir kekanan dan berusaha mendahuluinya, ternyata
didepan kendaraan tsb ada kendaraan lagi hingga si pengendara motor
berusaha melewati keduanya, karena salah perhitungan dan salah atur
jarak lalu keluar jalur masuki arah lawan dgn tak ada waktu dan jarak
lagi utk pindah jalur hingga terjadilah tabrakan dgn kendaraan dari
arah lawan.
2. Cara menghindari kesalahan :
- kunci mendahului adalah perencanaan yg matang, jangan gak sabaran,
terburu2 atau agresif, posisikan diri anda dgn penglihatan terbaik
kearah jalan didepan, pastikan posisi gigi yg pas utk menaikkan
akselerasi.
- perhatikan jalan didepan dgn seksama, adakah hal2 yg berpotensi
bahaya? jika ada sedikit saja keraguan di hati, jangan mendahului!,
karena sebentaran saja anda dapat lagi kesempatan utk mendahului.
- lihat kaca spion dan area yg tak nampak di kaca spion lalu nyalakan
lampu sen dan segera mendahului secepat dan semulus mungkin, ambil
segera jalur semula dan jaga ruang antara anda dan kendaraan lain
seluas mungkin.
Bisa memilah melaju melewati
kendaran2 di jalanan yg ramai adalah tindakan yang sangat berbahaya.
- Kesalahan :
kecepatan 45kpj lebih cepat dari kendaran lain disekitarnya yg akan
didahului, tiba2 salah satu kendaraan bermanuver pindah jalur tepat
didepannya hingga si pengendara motor tak bisa menghindarinya dan
terjadilah tabrakan.
2. Cara menghindari kesalahan :
- berkendaralah dgn kecepatan yg memungkinkan anda utk berhenti atau
bermanuver dgn tepat, disarankan jangan lebih dari 15kpj dari
kendaraan lain disekitar yg akan didahului.
- duduk tegak dan fokus terhadap jalan didepan, perhatikan tanda2 yg
berpotensi bahaya, awas terhadap lampu2 sen kendaraan lain,
perempatan2, pejalan kaki yg nyebrang dll, sisakan ruangan antara
anda dan kendaraan lain.
Berkendara dgn teman2 bisa
menyenangkan sekaligus dapat menimbulkan
masalah. Berkendara kelompok tdk termasuk dlm catatan resmi kasus
kecelakaan bermotor, tapi secara tetap tercatat sbg faktor penyumbang
yg tidak bisa diabaikan. Porblem terbesar adalah si pengendara motor
beresiko kecelakaan karena keinginan utk show off atau pamer
kebisaanya bermotor didepan teman2nya. Berkendaralah dgn kenyamanan
anda sendiri, jangan terpancing oleh ulah teman anda.
masalah. Berkendara kelompok tdk termasuk dlm catatan resmi kasus
kecelakaan bermotor, tapi secara tetap tercatat sbg faktor penyumbang
yg tidak bisa diabaikan. Porblem terbesar adalah si pengendara motor
beresiko kecelakaan karena keinginan utk show off atau pamer
kebisaanya bermotor didepan teman2nya. Berkendaralah dgn kenyamanan
anda sendiri, jangan terpancing oleh ulah teman anda.
- Kesalahan :
sebuah kendaraan lain dan satu motor didepan kendaraan lain tsb
sekalgus di belakang kendaraan lain, satu dari 3 motor dibelakang
mencoba mendahului, tiba2 satu motor didepan tsb juga mendahului
kendaraan didepannya tanpa memberi tanda dan tak melihat spion, motor
yg dibelakangnya tak sempat menghindar hingga terjadi tabrakan.
2. Cara menghindari kesalahan :
- kecuali anda memiliki kepercayaan penuh terhdp teman2 kelompok
berkendara di sekitar anda, tetaplah dalam formasi dan memberi ruang
gerak yg banyak utk mereka, jangan coba2 menerka apa aksi dan manuver
yg akan mereka lakukan.
- beri kejelasan terhadap teman2 kelompok berkendara di sekitar anda
bila anda ingin bermanuver, menolehlah dan beri tanda2 yg jelas.
- ketika mendahului, pertimbangkan pula teman2 kelompok berkendara di
sekitar yg dibelakang dgn memberi ruang gerak yg cukup. jika
mengikuti motor lain, jangan dasari gerak mendahului anda dgn motor
yg ada didepan.
Ada beberapa kecelakaan yg
melibatkan kendaraan yg memutar di U-Turn
dgn pengendara motor yg melaju dari arah lawan.
dgn pengendara motor yg melaju dari arah lawan.
1. Kesalahan :
Pengendara motor biasanya jarang disalahkan terhadap jenis kecelakaan ini, tapi
tetaplah berhati-hati.
2. Cara menghindari kesalahan :
Prediksi dan bereaksi akan kecepatan
dan keberadaan kendaraan lain di
jalur lawan dari kemungkinan berputar tiba2, jangan percaya pada
lampu sen yg diberikan karena bisa terjadi kesalahpahaman (seperti
ketika berputar memberi sen kanan, tiba setelah dijalur lawan masuk
ke kiri jalur).
jalur lawan dari kemungkinan berputar tiba2, jangan percaya pada
lampu sen yg diberikan karena bisa terjadi kesalahpahaman (seperti
ketika berputar memberi sen kanan, tiba setelah dijalur lawan masuk
ke kiri jalur).
Beri ruang gerak jika nampaknya
kendaraan dari arah lawan akan
berputar, jika mendahului di satu jalur yg padat merayap, kendaraan
yg antri didepan biasanya bermanuver kekanan mencari celah jalan
didepannya.
berputar, jika mendahului di satu jalur yg padat merayap, kendaraan
yg antri didepan biasanya bermanuver kekanan mencari celah jalan
didepannya.
Melaju kencang di belakang kendaraan
lain sepertinya terdengar tidak lazim tapi mengejutkan, terhitung 10% kecelakan bermotor dalam 9 grup contoh kecelakaan fatal dan menurut status, pengendara motor biasanya banyak disalahkan dalam kecelakaan jenis ini daripada
kecelakan jenis lain, juga menunjukan terjadi pada pengendara motor yg masih muda, laki laki dan mengendarai motor yg kecil. Perhatikan jalan didepan, jangan terganggu dgn “pemandangan” yg ada disekitar, bereaksilah segera terhadap lampu rem yg menyala didepan atau tanda2 yg menyebabkan terjadinya kelambatan didepan.
kecelakan jenis lain, juga menunjukan terjadi pada pengendara motor yg masih muda, laki laki dan mengendarai motor yg kecil. Perhatikan jalan didepan, jangan terganggu dgn “pemandangan” yg ada disekitar, bereaksilah segera terhadap lampu rem yg menyala didepan atau tanda2 yg menyebabkan terjadinya kelambatan didepan.
Kenali rem motor anda, banyak
pengendara motor tak menyadari potensi akan rem motor mereka, sering2 lah tes rem mendadak dan kuat rem motor anda di empat yg sepi dan beraspal bagus utk mengetahui seberapa cepat motor anda berhenti, jangan berhenti mencoba pada tes pertama, terus lah mencoba, usahakan berangsur angsur hingga didapatkan perhentian yg maksimal.
Kesalahan dalam Percobaan (Error on Trial) Kecelakaan tidak begitu saja terjadi, ada sebabnya. Kesalahan manusia menjadi faktor utama. Berlawanan dari opini populer yg ada, tak semua kecelakaan disebabkan oleh pengemudi mobil, pengendara motorpun berbuat kesalahan. Dari Error on Trial yg dilakukan didapat data sbb :
Mobil
Kesalahan dalam Percobaan (Error on Trial) Kecelakaan tidak begitu saja terjadi, ada sebabnya. Kesalahan manusia menjadi faktor utama. Berlawanan dari opini populer yg ada, tak semua kecelakaan disebabkan oleh pengemudi mobil, pengendara motorpun berbuat kesalahan. Dari Error on Trial yg dilakukan didapat data sbb :
Mobil
- gagal melihat dgn semestinya 18%
- gagal memutuskan10%
- kecerobohan 9%
- manuver yg buruk 8%
- kehilangan kendali 8%
- gagal memutuskan10%
- kecerobohan 9%
- manuver yg buruk 8%
- kehilangan kendali 8%
Motor
- kehilangan kendali 14%
- gagal melihat dgn semestinya 14%
- gagal memutuskan10%
- manuver yg buruk 10%
- kecerobohan 9%
- kehilangan kendali 14%
- gagal melihat dgn semestinya 14%
- gagal memutuskan10%
- manuver yg buruk 10%
- kecerobohan 9%
0 komentar:
Posting Komentar